Tips Memilih Asuransi Kesehatan



Apa yang akan terjadi kedepan semua orang tidak ada yang tahu, untuk itu memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang sangat penting. Banyak asurasi kesehatan yang ditawarkan, tetapi bagaimana memilih yang pas yang dapat memenuhi kebutuhan kita? Berikut beberapa tips memilih asuransi kesehatan

1. Membeli Produk Asuransi Jangan Pada Saat Anda Sakit
Banyak orang mengatakan saya sehat, saya tidak butuh asuransi. Tetapi ketika mereka sakit barulah terasa beban biaya yang begitu besar, aset dan materi habis terjual untuk menutup beban rumah sakit. Akan sangat terlambat apabila sakit baru membeli produk asuransi, tidak ada asurasi yang mau menjamin orang sakit (kecuali BPJS). Ibarat membeli mobil, apabila anda sudah tahu bahwa mobil tersebut rusak apakah anda masih mau membelinya?

Asuransi kesehatan mengenal istilah pre exisiting condition yaitu kondisi atau penyakit yang sudah ada atau pernah diderita sebelum anda menjadi nasabah asuransi kesehatan. Pada umumnya asuransi kesehatan tidak akan mau menanggung penyakit tersebut, tetapi ada beberapa produk asuransi kesehatan yang masih mau menanggung dengan rentang waktu tertentu.

Intinya cukup sederhana, belilah produk asuransi kesehatan ketika sehat, karena ketika sakit sangat besar kemungkinan pengajuan asuransi anda akan ditolak.

Cara kerja asuransi adalah menggunakan hukum kemungkinan. Ketika menerbitkan polis, hanya ada dua kemungkiann, nasabah sehat atau sakit. Nasabah akan sehat atau sakit tidak ada yang tahu, tetapi pastilah nasabah berharap sehat meskipun sudah membeli produk asuransi, mana ada orang yang mau sakit. Dari sinilah perusahaan asuransi mengambil keuntungan

Apabila perusahaan asurani menerima nasabah yang sudah sakit dan menjamin penyakitnya, asuransi pasti mengalami kerugian karena biaya rumah sakit sudah pasti lebih besar dari premi polis. Makanya perusahaan asuransi tidak mau terima nasabah yang sudah menderita sakit. Mereka lembaga profit, bukan lembaga sosial.

Jadi, jika merasa butuh asuransi kesehatan, ajukan saat ini juga. Jangan ditunda. Semakin cepat, semakin baik karena semakin kecil kemungkinan sudah punya penyakit, semakin besar kemungkinan disetujui permohonannya.

2. Belilah Produk Asuransi Kesehatan Saat Usia Muda
Makin bertambah usia, apakah risiko sakit atau kematian makin tinggi? Tentu saja, tidak ada orang yang bisa melawan penuaan.

Premi dihitung berdasarkan usia, meskipun sama-sama sehat orang yang lebih tua membayar premi lebih mahal dibandingkan orang muda, usia menentukan besaran premi. Untuk itu belilah produk asuransi sedini mungkin. Anda akan mendapat dua manfaat, pertama anda menghemat karena membayar lebih murah dan kedua kemungkinan disetujui akan lebih besar karena usia muda cenderung lebih sehat

3. Belilah Asuransi Kesehatan Yang Membayar Lunas 
Beberapa produk asuransi menerapkan konsep plafond dan cash plan. Misalnya saja anda membeli produk asuransi dengan plafond 5 juta per kejadian, 500 ribu per malam untuk rawat inap di rumah sakit. Suatu ketika anda menderita sakit dan menghabiskan biaya 25 juta, produk asuransi anda tidak akan mengganti kekurangan 20 juta.

Jenis asuransi kesehatan cash plan adalah jenis asuransi yang akan membayarkan sejumlah uang atau memberi santunan kepada nasabahnya setiap hari selama nasabah dirawat di rumah sakit. Misalnya dirawat di rumah sakit selama 5 hari, dengan manfaat asuransi 1 juta per hari maka nasabah akan menerima 5 juta. Kondisi ini menguntungkan apabila biaya yang dihabiskan kurang dari 5 juta.

Asuransi kesehatan yang bagus adalah asuransi yang mengganti seluruh biaya yang harus anda tanggung, misalnya habis 25 juta, asuransi tersebut akan mengganti penuh 25 juta. Sehingga dengan skema ini, kecil kemungkinan mengalami overplafond yang mengharuskan kita merogoh kocek sendiri untuk membayar tambahan biaya yang tidak ditanggung asuransi.

Asuransi yang membayar lunas seluruh tagihan rumah sakit memang lebih mahal preminya, tetapi manfaat yang didapat jauh lebih besar. Akan lebih bagus lagi apabila anda menggabungkannya dengan asuransi cash plan, jadi ketika anda dirawat di rumah sakit anda tidak pusing memikirkan biaya sekaligus tetap mendapatkan pemasukan dari klaim asuransi cash plan



4. Perhatikan Syarat Rawat Inap
Syarat rawat inap yang biasanya diterapkan pihak asuransi adalah sebagai berikut:

  • Rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Artinya jika rawat inap di klinik, pihak asuransi tidak akan menggantinya. Pastikan dengan pihak asuransi, apa yang dimaksud rumah sakit.
  • Berapa lama rawat inap menjadi persyaratan. Ada yang menetapkan 1 hari rawat inap sudah bisa diklaim, tapi ada yang mengharuskan minimal 2 hari rawat inap. Ada yang hanya di UGD (tidak perlu masuk kamar dulu) selama minimal beberapa jam, sudah bisa diklaim karena masuk kategori rawat inap

5. Pilih Agen yang Baik
Banyak sekali keluhan di media masa ataupun cerita dari orang-orang yang merasa kecewa tertipu dengan asurasi karena tidak sesuai dengan yang mereka harapkan atau klaim ditolak.

Hal ini sering disebabkan karena nasabah kurang teliti memeriksa kebenaran yang disampaikan oleh agen pada saat agen memberikan penjelasan produk. Atau ada juga agen yang memang menyajikan hal-hal yang baik saja tentang produk yang mereka jual terutama berapa uang tunai yang akan didapatkan apabila mengambil produk asuransi unitlink, tetapi mereka tidak menjelaskan kalau unitlink membutuhkan waktu lama untuk dapat berbunga. Atau agen tidak menjelaskan penyakit apa saja yang tidak ditanggung atau ada tidaknya syarat pre existing condition sehingga nasabah mengalami penolakan ketika mengajukan klaim

Untuk itu pilihlah agen yang bagus yang memberikan keterangan secara terbuka jujur tidak ada yang ditutup-tutupi. Juga agen yang memang berkomitmen dalam bisnis asuransi karena akan membantu anda dalam melakukan proses klaim

6. Bisa Double Claim
Double claim adalah melakukan klaim asuransi dua kali atau lebih ke perusahaan asuransi yang berbeda. Hal ini mungkin dilakukan apabila anda memiliki lebih dari satu produk asuransi. Yang harus diperhatikan adalah bahwa pihak rumah sakit hanya mengeluarkan satu kuitansi asli dan beberapa produk asuransi meminta kuitansi asli pada saat melakukan klaim. Jika demikian, bagaimana bisa mengambil asuransi lain ?

Kuitansi asli yang dikeluarkan pihak rumah sakit memang hanya satu, tetapi rumah sakit akan membuatkan copy legalisir dari kuitansi asli jika anda memintanya. Copy legalisir inilah yang anda gunakan untuk melakukan klaim, tetapi ingat anda harus memastikan dahulu bahwa asuransi yang anda ambil mau menerima copy legalisir kuitansi. Hal ini sangat bermanfaat bagi karyawan atau pekerja yang mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari perusahaan

7. Asuransi Kesehatan Murni
Asuransi kesehatan murni adalah asuransi yang tidak memiliki manfaat tunai. Biasanya orang merasa sayang apabila membeli produk asuransi karena uang yang mereka bayarkan tidak akan kembali, oleh karena itu perusahaan asuransi mengeluarkan produk asuransi yang disertai investasi atau lebih dikenal dengan sebutan unit link.

Asuransi unitlink akan membagi premi yang anda bayarkan sebagian untuk investasi sebagian lagi untuk biaya asuransi, dengan demikian anda akan seperti menabung dan mendapatkan manfaat tunai. Jika sewaktu-waktu anda membutuhkan dana tunai, nilai investasnya bisa dicairkan.

Hal ini bukan sesuatu yang buruk tetapi manfaat asuransinya biasanya tidak besar dan nilai invesasinya membutuhkan waktu lama agar dapat berbunga,tergantung kondisi pasar dan perekonomian. Akan lebih baik apabila anda memisahkan antara asuransi dan investasi, jadi belilah asuransi yang memang murni kesehatan dan jika anda ingin berinvestasi, banyak ragam produk investasi yang bisa anda ambil misalnya reksadana, obligasi, saham, deposito, emas.

Kesimpulan

  • Telitilah dalam membeli produk asuransi
  • Pilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keuangan anda

0 comments:

Post a Comment