Radang Usus Buntu



Usus buntu atau sekum dalam istilah anatomi adalah suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan serta bagian kolon menanjak dari usus besar. Organ ini ditemukan pada mamalia, burung, dan beberapa jenis reptil. Sebagian besar herbivora memiliki sekum yang besar, sedangkan karnivora eksklusif memiliki sekum yang kecil, yang sebagian atau seluruhnya digantikan oleh umbai cacing.

Usus buntu dalam bahasa Latin disebut sebagai Appendix vermiformis, pada awalnya organ ini dianggap sebagai organ tambahan yang tidak mempunyai fungsi, tetapi saat ini diketahui bahwa fungsi apendiks adalah sebagai organ imunologik dan secara aktif berperan dalam sekresi immunoglobulin (suatu kekebalan tubuh) yang memiliki atau berisi kelenjar limfoid.

sakit usus buntu atau appendicitis disebabkan karena muara usus buntu tersumbat. Sumbatan bisa disebabkan karena cacing, biji-bijian yang kecil, tumor usus.. Karena tersumbat, produksi lendir di usus buntu tidak dapat mengalir ke usus besar sehinga mengakibatkan usus buntu bengkak dan infeksi. Hal ini lah yang menyebabkan radang usus buntu dan bila tidak diataasi akan berakibat usus buntu pecah yang dapat menimbulkan kematian.

Gejala awal mirip dengan sakit maag, nyeri di sekitar pusar dan biasanya disertai muntah. Pada kasus yang akut dalam waktu dua sampai dua belas jam, nyeri akan berpindah pada daerah kanan bawah dan menetap, akan semakin nyeri ketika batuk atau berjalan. Gejala usus buntu akut yang lain adalah apabila kaki kanan ditekuk sampai lutut menyentuh dinding perut, rasa nyerinya akan semakin hebat.

yang perlu diwaspadai adalah demam tinggi tidak menyertai radang usus buntu, hanya timbul rasa mual dan napsu makan hilang. Diare bisa terjadi namun sulit buang air bisa saja terjadi juga, sehingga gejala kelainan pencernaan sulit menjadi patokan radang usus buntu

Apabila sudah sampai tahap akut, usus buntu harus dioperasi. Usus buntu kronis bisa ditunda dahulu operasinya tetapi ketika kambuh tetap harus segera dioperasi.

Setelah dioperasi, pada umumnya radang usus buntu tidak akan timbul kembali karena usus buntunya sudah dibuang. Tetapi pada beberapa kasus, keluhan nyeri perut kanan bawah muncul kembali setelah operasi usus buntu. Hal tersebut bisa disebabkan karena uus buntu yang diangkat tidak sampai pangkalnya. Bisa juga karena abses/kumpulan nanah terbentuk di tempat operasi yang lama.

Tidak perlu kuatir menghadapi operasi usus buntu karena dokter bedah akan mendiagnosa terlebih dahulu pasiennya apakah layak untuk menjalani operasi. Selain itu dokter yang berpengalaman akan memilih teknik operasi yang sesuai dengan kondisi pasien sehingga meminimalkan resiko komplikasi.

AXA ME Care akan menanggung seluruh biaya operasi usus buntu lunas On Bill. Tidak seperti asuransi lainnya yang menetapkan plafon untuk biaya kamar, dokter dan operasi, AXA ME Care akan membayar lunas seluruh tagihan. Hubungi kami untuk mendapatkan keterangan lebih jauh